-->

Pemprov Maluku Jadikan Jalan Salib Oikumene Sebagai Wisata Rohani

Pemprov Maluku Jadikan Jalan Salib Oikumene Sebagai Wisata RohaniAMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Maluku menyatakan prosesi Jalan Salib dalam rangka memperingati wafatnya Yesus Kristus yang akan digelar  pada tanggal 30 Maret 2018 mendatang akan dijadikan sebagai objek wisata rohani. 

Menurut Kabag Humas Setda Maluku Bobby Palapia, perayaan Jalan Salib tahun ini memiliki keunikan tersendiri dibanding penyelenggaraannya di tahun-tahun sebelumnya.

"Jika tahun-tahun sebelumnya, acaranya ini hanya melibatkan umat Kristiani, maka tahun 2018 ini, pihak penyelenggara akan melibatkan para pemuda, dari remaja Masjid untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut," ujar di Ambon, Senin (22/1).

Dia katakan, acara yang melibatkan dua komunitas agama di Maluku seperti ini, yang memperkuat ikatan Hidup Orang Basudara di Maluku dan menegaskan daerah ini sebagai Laboratorium Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia.

"Keterlibatan para pemuda remaja masjid untuk ikut mengamankan kegiatan ini, menegaskan toleransi dengan falsafah Hidup Orang Basudara yang sangat kuat di daerah," tandasnya.

Menutut Palapia, Jalan Salib Hidup Oikumene yang akan diselenggarakan pada 30 Maret mendatang, juga akan melibatkan seluruh komponen gereja-gereja di Kota Ambon.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Organisasi Setda Maluku Titus Renwarin menjelaskan, Jalan Salib yang diselenggarakan oleh Keuskupan Amboina ini, akan menjadi salah satu objek wisata rohani di Provinsi Maluku.

Lantaran itu, Renwarin sangat mengharapkan masyarakat di Kota Ambon dapat berpartisiapasi untuk mensukseskan acara dimaksud.

“Karena ini merupakan wisata rohani maka sangat diharapkan agar seluruh masyarakat Maluku dapat berpartisipasi dalam acara tersebut,” cetusnya.

Dia menyebutkan, sekira 5.000 orang akan dilibatkan dalam even wisata rohani, yang direncanakan melintasi rute dari Gereja Katedral menuju Gereja Paroki Santa Maria Bintang Laut, di kawasan Benteng, Ambon.

Kegiatannya bakal melintasi sejumlah ruas jalan protokol di dalam Kota Ambon, dan acara Jalan Salib ini juga akan melewati sekira 20 bangunan gereja di ibu koya Provinsi Maluku ini.

Selain menempatkan Uskup Diosis Amboina, sebagai Penanggung Jawab dari kegiatan ini, ada juga nama Pastor Fikaris Paroki MBH, Dewan Pastorial Paroki, Santa Maria Bintang Laut, dengan Ketua Panitia Fransiskus Beda.(HumasProvinsiMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel