Inpex Gelar Orientasi Beasiswa Bersama Mahasiswa di Rumpun Lelemuku - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Inpex Gelar Orientasi Beasiswa Bersama Mahasiswa di Rumpun Lelemuku

Inpex Gelar Orientasi Beasiswa Bersama Mahasiswa di Rumpun LelemukuSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Perusahaan minyak dan gas dari Jepang, Inpex Masela.Ltd melaksanakan Orientasi Beasiswa bersama Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) yang bertempat di Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis (18/1).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah beasiswa bagi mahasiswa Rumpun Lelemuku dan bagaimana mahasiswa bisa menjadi seorang pemimipin, yang melibatkan ratusan mahasiswa penerima beasiswa program tahun akademik 2016/2017.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Inpex Masela.Ltd, Ketua YPT-RLS, Polikarpus Lalamafu, Wakil Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Yusup Madubun, Akademis Fakultas Ilmu Politik dan Pemerintahan (Fisip) Unpatti, Yosep Antonius Ufi bersama jajarannya.

Melalui kegiatan orientasi beasiswa Inpex ini juga mahasiswa diharapkan dapat mengetahui cara-cara untuk mendapatkan beasiswa, sebagai motivasi untuk belajar lebih giat agar mampu mencapai nilai minimal penerima beasiswa Inpex yang bisa meringankan biaya perkuliahaan. Dan mampu menjadi seorang pemimpin yang bermanfaat bagi masyarakat kelak.

Selanjutnya mahasiswa menerima tiga materi, diantaranya materi “Kepemimpinan Dalam Berorganisasi” yang dibawahkan oleh Wakil Rektor Unpati, “Bagaimana Cara Kita Bisa Kerjasama dengan Inpex” oleh perwakilan Inpex, Yusuf  dan “7 Kebiasaan Efektif Untuk Hidup Sukses” bersama Theopanoy P. Th. Rampisela.

Pemateri pertama, Yusuf Madubun mengatakan menjadi seorang pemimpin artinya mampu mempengaruhi kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

“Pemimpin adalah orang yang mampu membimbing dan menuntut. Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi anggota untuk mencapai tujuan organisasi. Dan perilaku seorang pemimpin tergantung pada gayanya sendiri,” penjelasannya.

Pemateri kedua, Yusuf F, mengatakan beasiswa sebagai stimulus bagi mahasiswa.

“Manusia bisa bahagia atau tidak adalah tergantung pilihannya sendiri. Setiap mahasisiwa harus mempunyai tujuan keberhasilannya masing-masing karena ini akan membawa anda mengarahkan usaha-usaha untuk mencapai keberhasilan. Beasiswa inipun sebagai motivasi dan perlu adanya disiplin dari mahasiswa tersebut untuk memotivasi dirinya” kata ia.

Pemateri ketiga, Theopanoy P. Th. Rampisela mengatakan seseorang menjadi pemimpin karena memiliki sifat dan karakteristik yang dibutuhkan.

“Sifat dan karakteristik yang dibutuhkan adalah mampu menolak korupsi dan mampu menjadi yang terbaik. Berikut ada tiga tipe kepemimpinan, pertama adalah Otoriter yaitu mampu mengambil keputusan karena tidak melibatkan bawahan, seorang pemimpin mengadalkan kekuasaan dan paksaan dalam organisasi, pemimpin yang merasa paling tahu dan serba tahu, bawahannya hanya melaksanakan perintah. Demokratis adalah kebalikan dari otoriter yaitu pemimpin yang terbuka dan Laisses Paire adalah pemimpin yang memberi kebebasan, mengambil keputusan dan mendiskusikan suatu masalah” papar pemateri. (Anna Aurmatin)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment