-->

Suko Pranoto Buka Penyerahan Simbol peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya

Suko Pranoto Buka Penyerahan Simbol peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka JayaSULI, LELEMUKU.COM – Panglima Komando Daerah Militer ( Pangdam ) XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto membuka upacara penyerahkan simbol Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya di Lapangan Upacara Mako Rindam XVI/Pattimura Jalan raya Suli Atas Desa Suli Kecamatan salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (16/12).

Saat membaca amanat, Pangdam menjelaskan, Kegiatan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dilaksanakan setiap menjelang peringatan Hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember, merupakan tradisi prajurit Korps Infanteri untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah 69 tahun silam, yaitu peristiwa saat menghadapi Agresi Militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948.

“Pelaksanaan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini bertujuan untuk menyegarkan kembali jiwa korsa dan kebanggaan prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada generasi muda TNI AD,” kata Pangdam.

Ia juga menjelaskan, Sasaran pelaksanaan Peleton Beranting YWPJ adalah terwujudnya rasa kebanggaan prajurit Infanteri, terukurnya kebugaran jasmani, terciptanya militansi, jiwa korsa, patriotisme dan semangat pantang menyerah serta yang paling utama adalah terwujudnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Untuk pelaksanaan Peleton Beranting Yudha  Wastu Pramuka Jaya di Maluku, para peserta Tonting akan menyusuri sebagian rute perjuangan rakyat Maluku dalam melawan penjajah Portugis maupun Belanda, dimana secara beranting para peserta akan berjalan melewati medan yang cukup berat, penuh tanjakan dan turunan, serta dalam kondisi cuaca yang panas bahkan cukup ekstrim di siang hari dan dingin pada malam hari, katanya menambahkan.

Pangdam menghimbau kepada seluruh peserta Tonting, agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, serta memelihara rasa kebersamaan, kekompakan dan kerja sama yang baik.

Upacara Peleton Beranting ini melibatkan 2 Paleton Personel Yonif Raider 733/Masariku, 1 Paleton Personel Brimob Maluku,1 Paleton Personel Yonif 734/SNS, 1 Paleton Personel Yonif 731/Kabaresi, 2 SST Personel Denkav 5/BLC, 2 Paleton Personel Yonif Raider Khusus 732/Banau, 2 SST Gabungan Personel TNI - AU dan TNI – AD, 1 SST Gabungan Personel Satpol PP dan Menwa.

Turut pula dihadiri oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono,  Irdam XVI/Pattimura, Danlantamal IX/Ambon, Danlanud Pattimura,  Danrindam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, LO AU dan AL, Para Asisten, Dansat dan Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura, Kapolres P. Ambon dan P.P. Leasse,  Dandim 1504/P. Ambon dan P.P. Leasse, Karo Ops Polda Maluku, Dir Shabara Polda Maluku, Kabid Propam Polda Maluku, Kepala SPN Passo, Kasat Brimob Maluku, Sekda Maluku dan Danmen Mahasiswa. (Pendam16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel