Negara Asia Dominasi Ekspor dari Maluku - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Negara Asia Dominasi Ekspor dari Maluku

Negara Asia Dominasi Ekspor dari MalukuSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku menyatakan selama periode Januari-Oktober 2017 Pemerintah Provinsi Maluku melakukan ekspor ke negara-negara Asia.

Menurut rilis yang diterima Lelemuku.com pada Rabu (6/12) beberapa negara Asia yang menjadi tujuan diantaranya Malaysia senilai US$ 32,13 juta, Thailand senilai US$ 0,11 juta, Hongkong mencapai US$ 0,97 juta.

Ekspor dari Maluku sudah merambah daerah Afrika yaitu negara Kenya dengan nilai US$ 7,48 ribu. Pada periode ini pula ekspor Maluku ke Amerika Serikat senila US$ 0,13 juta.

Jika dibandingkan dengan periode Januari-Oktor 2016, pada periode tersebut terjadi peningkatan ekspor Maluku menuju negara anggota ASEAN sebesar 107.358,83 persen namun ekspor menuju negara-negara Asia lainnya menurun mencapai 95,52 persen.

Hingga Oktober 2017, negara tujuan utama ekspor Maluku didominasi oleh negara Malaysia yaitu sebesar 95,67 persen. Pada Oktober 2017, ekspor Maluku dimuat melalui Pelabuhan Dobo di Kabupaten Kepulauan Aru senilai US$ 0,28 juta dan Pelabuhan Lirang Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) senilai US$ 4,59 ribu.

Selama periode Januari-Oktober 2017 ekspor Maluku tersebar melalui beberapa pelabuhan ekspor Maluku, ekspor terbesar melalui pelabuhan Bula mencapai US$ 32,13 juta. Sementara nilai ekspor dari Pelabuhan Dobo pada periode ini mencapai US$ 0,97 juta.

Sedangkan ekspor melalui Pelabuhan Yos Sudarso Ambon mencapai US$ 0,27 juta. Ada juga ekspor melalui Pelabuhan Tual mencapai US$ 0,20 juta dan melalui Pelabuhan Lirang sebesar US$ 10,58 ribu. (Albert Batlayeri)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment