Anggota TNI Dampingi Warga Sagare Menanam Padi - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Anggota TNI Dampingi Warga Sagare Menanam Padi

Anggota TNI Dampingi Warga Sagare Menanam PadiSAGARE, LELEMUKU.COM – Anggota TNI dari Kodim 1701 melakukan pendampingan kepada petani di Kampung Sagare, Distrik Awyu, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua berupa perawatan tanaman padi dilahan persawahan.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-08/Agats, Serda Rubiono saat memberikan pendampingan pada sawah milik Rahmat pada Senin (4/12) menyatakaan untuk memperoleh hasil yang maksimal pada waktu musim panen selain dibutuhkan pemupukan yang baik juga diperlukan perawatan seperti pembersihan lahan pertanian dari tanaman penganggu atau gulma khususnya bagi tanaman padi.

“Keberadaan gulma ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman padi dalam menyerap nutrisi yang diberikan melalui pemupukan sehingga dapat mengakibatkan hasil yang kurang maksimal. Oleh karena itu, pemberantasan gulma ini sangat penting dilakukan. Tidak jarang untuk memberantas gulma para petani harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit,” ujar dia.

Melihat hal tersebut Babinsa Serda Rubiono terjun langsung untuk membantu para petani di wilayah binaannya dengan membersihkan rumput-rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan padi.

“Gulma atau rumput liar yang tumbuh di lahan persawahan secara rutin harus dibersihkan agar tidak mengganggu tanaman padi sehingga nantinya dapat memperoleh hasil yang maksimal”, kata Babinsa.

Pembersihan tumbuhan gulma tersebut dilakukan secara manual oleh Babinsa Serda Rubiono bersama petani dengan melakukan pencabutan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman padi.

Selain melakukan pendampingan perawatan tanaman padi milik para petani di kampung Sagare, Serda Rubiono juga memberikan pengarahan mengenai tata cara perawatan mesin pompa air agar selalu siap pakai dan tahan lama. Dengan adanya mesin pompa air yang selalu siap pakai maka pengairan sawahpun akan lancar sehingga lahan persawahan milik petani tidak kekurangan air.

Bapak Rahmat salah satu petani di Kampung Sagare mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa atas bantuan dan perhatiannya yang telah diberikan sehingga para petani dapat terbantu dalam menyelesaikan setiap kendala yang ditemukan di lapangan. (Pendam16)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment