Tour de Moluccas (TdM) Jadi Ajang Promosi Pariwisata Maluku

1-Tour de Moluccas (TdM) Jadi Ajang Promosi Pariwisata MalukuJAKARTA, LELEMUKU.COM – Lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas (TdM) diharapkan mampu menjadi ajang yang efektif untuk mempromosikan keindahan alam dan pariwisata di Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku Said Assagaff dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan TdM diarahkan menjadi acara wisata olahraga sehingga bisa sekaligus menjadi ajang promosi bagi sektor pariwisata Maluku dan sekitarnya.

“Apalagi ajang ini akan diikuti 100 rider dari 35 negara siap adu cepat pada event sport tourism ini,” katanya.

Lomba balap sepeda TdM akan digelar di Maluku pada 18-22 September 2017 melintasi tiga kabupaten dan satu kota yang semuanya terbagi dalam lima etape dengan total jarak 770,3 kilometer.

Ia menyatakan persiapan balap sepeda internasional Tour de Moluccas (TdM) saat ini sudah hampir rampung dari mulai rute, logistik, penginapan, hingga marshal.

Negara-negara yang mengirimkan atlet terbaiknya antara lain Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Hong Kong, Mongolia, Kazakhstan, Kuwait, dan Sri Lanka.

Sedangkan dari Eropa di antaranya berasal dari Prancis, Italia, Rusia, Ukraina, Belanda, Irlandia, Spanyol, Inggris, Denmark, Slowakia, Jerman, Luxemburg, dan Belgia.

Selanjutnya dari Benua Afrika diwakili Maroko, Eritria, dan Afrika Selatan. Oseania diwakili Australia dan Selandia Baru. Sedangkan dari benua Amerika diwakili Kolumbia dan Kanada.

Terkait daerah yang akan dilintasi, Said juga mengaku sudah berkoordinasi dengam pemerintah Kabupaten dan Kota untuk mempersiapkan secara matang.

“Panitia sudah terbentuk, termasuk koordinasi dengan Bupati/Walikota yang daerahnya dilintasi lomba ini,” katanya.

Untuk rute atau etape TdM yang akan dilalui terbagi dalam 5 etape antara lain Etape I meliputi Piru-Masohi 179,7 km

Etape II yakni Waipia-Kobisonta 188,7 km, etape III Bula-Wahai 153,8 km, etape IV Masohi-Kairatu 142,4 km, dan etape V mengitari kota Ambon (Ambon Loop) yaitu Pantai Namalatu-Lapangan Merdeka 86,7 km. Total jarak tempuh 751,5 km. (ant)

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan