Semua Pihak Siap Penuhi Stok Sembako di MTB

Semua Siap Penuhi Stok Sembako di MTB
Bupati Petrus Fatlolon saat diwawancarai wartawan usai rapat bersama antara Bupati dan SKPD terkait pada Senin (11/12).

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon menyatakan Pemerintah Daerah sikapi serius kebutuhan pasar yang semakin meningkat jelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Pihaknya akan menggunakan berbagai cara agar stok sembilan bahan pokok (sembako) yang selama ini dianggap mulai berkurang dan jarang dapat ditingkatkan melalui kerjasama Pemda, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan elemen masyarakat lainnya.

“Kita akan antisipasi persiapkan sembako, termasuk telur dari Surabaya melalui 2 unit KRI dari TNI AL. Danlanal sudah janji, dalam waktu tidak lebih dari dua hari dimuat dari Surabaya. Bahkan staf AU yang sekarang jadi panglima TNI, beliau juga sudah pernah berjanji ke saya, kapan bila membutuhan pesawat untuk mensuplay logistik ke sini. TNI AU siap,” ujar Bupati Fatlolon kepada wartawan usai rapat bersama antara Bupati dan SKPD terkait pada Senin (11/12).

Pihaknya menyatakan upaya ini akan diambil jika ada pihak-pihak tertentu yang berusaha memainkan harga barang di MTB, terutama di Pasar Lama Saumlaki dan Pasar Omele Sifnana.

“TNI sudah nyatakan siap dukung pengadaan bila terjadi kekurangan stok sembako menjelang Natal dan Tahun Baru. Karena itu kami minta ketegasan dari distributor utama di Saumlaki, bila mereka tidak mampu dalam menjamin ketersediaan stok maka kita akan meminta bantuan TNI AL,” ujar dia.

Dikatakan selain Pemda dan DPRD MTB sudah menyiapkan anggaran untuk upaya ini, masih banyak pihak yang ingin membantu agar harga barang di MTB tetap stabil.

“Kita siapkan untuk beberapa milyar untuk memastikan ketersediaan stok bahan-bahan pokok menjelang natal tahun baru. Selain itu masih banyak pihak yang mau membantu mengatasi kelangkaan sembako di masyarakat. Jadi tidak perlu ambil dari anggaran daerah,” ungkap Bupati.

Dia katakan, pihak-pihak yang siap membantu yang meringankan beban masyarakat ini berpihak pada pemerintah daerah dan masyarakat. Sebab bantuan mereka ini merupakan aksi sosial.

“Mereka ingin hal ini dijadikan sebagai bentuk dari solidaritas kepada kabupaten MTB, dan ini investasi mereka untuk akhirat nanti. Saya harap yang lain-lain juga mau berinvestasi untuk masuk surga melalui cara ini,” tutur dia.

Bupati Fatlolon mengungkapkan pihaknya ingin agar dukungan ketersediaan sembako di MTB ini dijadikan sebagai motivasi sosial berbagi kasih, sebab daerah ini masih membutuhkan dukungan sosial yang sangat besar, dari semua pihak.

“Saya juga sendiri kalau saya ada tabungan berapapun di bank, saya mau habiskan itu untuk bantu ini secara pribadi. Tetapi ada juga pihak-pihak lain yang bantu 5 miliar, ada yang mau bantu 7 milyar, tetapi tidak dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk bahan. Kemudian mereka kirim relawan untuk bantu pemerintah daerah untuk suplay. Selain itu sudah ada jaminan dari kepolisian dan TNI tadi bahwa mereka siap untuk membantu mendistribusikan ke desa-desa bila terjadi kelangkaan,” papar dia. (Albert Batlayeri)

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan