Satpol PP Gelar Razia Siswa Sekolah

SAUMLAKI – Penyakit sosial di kalangan remaja sekolah di Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sudah semakin merajalela, bahkan kini menjangkiti siswa sekolah, sehingga pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) MTB akan terus berupaya merazia para siswa yang sering mengabaikan jam belajar di sekolah.

Bukan itu saja, untuk para pelajar, Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun akan dirazia di sejumlah tempat-tempat tertentu, bila jam kantor sedang berlangsung. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai melayani masyarakat.

“Kegiatan razia ini akan kita tingkatkan supaya para siswa sekolah termasuk PNS tidak bolos,” tegas Kepala Satpol  PP MTB, Neles Belai kepada Berita Maluku, Kamis (9/4/2015) menyikapi kondisi yang terjadi saat ini.

Menurut Belai, untuk para pelajar, saat jam sekolah berlangsung ada sejumlah siswa sering nakal dan bolos sekolah. Kerap kali  mereka tak mengikuti pelajaran di sekolah.

Oknum siswa ini diketahui berangkat dari rumah dengan seragam sekolah lengkap namun realitanya ada diatara mereka tidak sampai ke sekolah dan melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji sehingga merugikan berbagai pihak.

“Biasanya para siswa ini mengelabui orang tua dengan berpamitan ke sekolah, padahal kenyataan mereka tidak sampai di sekolah melainkan ada yang sering mangkal di tempat tempat keramaian, ada yang mengkonsumsi miras bahkan ada juga yang menuju ke kamar kamar kost berkumpul bersama teman teman,” papar Belai.

Dijalaskan, tak jarang sejumlah siswa sejak dari rumah menggunakan seragam lengkap tetapi di dalam tas sekolah mereka sudah ada pakaian ganti yang disiapkan sehingga sampai di tempat mangkal, barulah pakaian seragam mereka diganti dengan pakaian rumahan sehingga tidak menampilkan identitas siswa.

Untuk mencegah penyakit sosial seperti ini terus merasuki para siswa, maka pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan MTB untuk melakukan razia saat jam sekolah, dan jika kedapatan para siswa akan diamankan, selanjutnya diberi pembinaan sebelum dikembalikan ke orang tua masing-masing.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan MTB dan dalam waktu dekat kita akan melakukan razia secara rutin, dan jika kedapatan, siswa bersangkutan akan kita amankan dan diberikan pembinaan sebelum dikembalikan ke orang tua,” ujarnya.

Sementara untuk PNS nakal yang sering bolos saat jam dinas, maka Belai tegaskan akan melakukan hal yang sama dan akan melaporkan kepada pimpinan instansi dimana yang bersangkutan bertugas atau melaporkan ke atasan lainnya untuk diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak terkesan jangan makan gaji buta sebaliknya bekerja untuk melayani masyarakat.

“Razia yang akan dilakukan ini untuk membuat para PNS tidak mangkir pada jam dinas, dan bila kita kedapatan maka akan diamankan,” tegas pria berbadan tegap ini. [BeritaMalukuOnline]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan