Romelus Far Far Buka Simpul Soal UAN SMP di Maluku Tenggara Barat

Romelus Far Far Buka Simpul Soal UAN SMP di Maluku Tenggara Barat
SAUMLAKI – Penjabat Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Romelus Far Far, Selasa membuka secara resmi simpul soal Ujian Akhir Nasional (UAN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten tersebut, yang di pusatkan di SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan, Saumlaki.

Romelus dalam sambutannya, Selasa, mengingatkan peserta ujian untuk bersikap jujur dalam mengerjakan soal-soal, tanpa berharap memperoleh jawaban dengan cara-cara yang tidak terpuji.

“Saya juga berharap para pengawas senantiasa jujur dalam mengawasi tahapan pelaksanaan ujian, sehingga hasil yang dicapai nantinya benar-benar berkualitas,” katanya.

Ia menegaskan, jika hari ini anak-anak tidak jujur maka sepanjang masa sikap buruk itu akan terbawa.

“Seperti pepatah, kecil beranjak-anjak, besar terbawa-bawa. Yakinlah, bahwa dengan bekerja secara jujur maka akan direstui Tuhan,” katanya.

Romelus juga mengajak peserta ujian dan para pendidik, pengawas, serta orang tua siswa untuk melandaskan perjuangan akhir itu dalam doa, sehingga pelaksanaan UAN tahun ini berjalan lancar dan berkualitas.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan, Yustina Buar dalam dalam laporannya mengatakan, pembukaan secara simbolis itu dihadiri oleh 108 peserta UAN yang berasal dari sekolah itu.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MTB, D.A.T. Sabono mengungkapkan bahwa UAN tingkat SMP untuk tahun ajaran 2016/2017 di MTB diikuti 2.461 peserta dari 62 sekolah negeri dan swasta.

Sabono mengatakan, pemerintah daerah MTB menargetkan tingkat kelulusan SMP tahun 2017 ini tetap berada pada posisi seratus persen seperti tahun kemarin, kecuali bagi peserta yang sudah mendaftar namun tidak mengikuti UAN.

Menurut dia, hingga pembukaan pelaksanaan hari pertama, Pemkab MTB belum menerima laporan terkait kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelenggaran UAN.

“Pelaksanaan ujian ini para siswa masih menggunakan sistem oles, dan terkait pengawasan, kita terapkan sistem pengawasan silang di seluruh sekolah,” katanya.

Pantauan Antara, pelaksanaan UAN di sejumlah SMP di kota Saumlaki berjalan lancar, dikawal oleh aparat kepolisian. Kendaraan bermotor yang melewati jalan di muka sekolah mengecilkan volume suara musik dalam kendaraan, dan serta mengurangi kecepatan. (antara)

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan