Pemkot Tual Kembangkan Wisata Pulau Bair

TUAL – Pemerintah Kota Tual siap mengembang potensi wisata dan budaya yang dimiliki dengan cara memanggil Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tual untuk segera melakukan perencanaan dalam rangka mengembangkan berbagai potensi wisata.

“Kota Tual memiliki sejumlah potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia,” tandas Walikota  Drs. Hi. MM. Tamher MM, M.Si  diruang kerjanya, Rabu (27/1).

Salah satu destinasi wisata yang siap dikembangkan, ungkap Walikota yaitu kawasan wisata Pantai Bair, dengan cara dilakukan pembangunan sarana dan prasaran pendukung lainnya.

“Pantai Bair dana beberapa lokasi lainnya telah siap untuk dikembangkan,” tambahnya.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan Pengembangan Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tual, Dr. Muhammad Subhan, Kota Tual kini mulai serius memberikan perhatian kepada pengembangan Pulau Bair sebagai potensi wisata yang dimiliki.

“Bappeda telah meninjau lokasi wisata tersebut untuk nantinya akan ditata dengan sedemikian rupa serta dibangun sarana dan prasarana agar semakin menarik minat para pengunjung,” urainya.

Meski demikian diakui, pihaknya mengalami kendala yaitu terkait kepemilikan tanah di lokasi wisata tersebut.

“Memang, sengketa kepemilikan tanah di kepulauan Kei, sering terjadi. Sehingga, menjadi kendala dalam pembangunan di daerah ini,” akuinya.

Untuk itu, Pemerintah mengharapkan adanya dukungan dari masyarakat agar program ini dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, jelas Labetubun, Pulau Bair memang memiliki pesona alam yang tak kalah dengan Raja Ampat, Provinsi Papua yang kini dikenal sebagai salah destinasi wisata yang telah diakui dunia.

“Tak heran, meskipun merupakan obyek wisata baru dan belum diresmikan oleh Pemerintah, namun telah banyak wisatawan setempat dan luar daerah bahkan hingga luar negeri tertarik untuk mengunjungi Pulau Bair,” tukasnya. (Dharapos)

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan