Pemkot Tidore Kepulauan Wujudkan Kota Jasa Agro-marine

TERNATE – Pemkot Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menggelar rapat bersama tim Bappenas untuk mewujudkan daerah itu sebagai kota jasa berbasis Agro-marine.
“Pemerintah Kota Tikep bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) SKPD Tahun anggaran 2016,” kata Wali Kota Tikep, Capt Ali Ibrahim di Ternate, Selasa.
Wali kota mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah harus menyusun Renstra SKPD yang memuat visi misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan SKPD selama lima tahun ke depan.
Penyusunan Renstra harus didukung Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap SKPD yang agar memiliki pengetahuan dan kemampuan memadai, sehingga diharapkan Bimtek ini dapat menghasilkan tenaga perencana yang andal dan trampil, memiliki komitmen kuat, dan mampu memetakan berbagai permasalahan.
Selain itu, dapat merumuskan dokumen perencanaan berkualitas di tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dilaksanakan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi.
Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tidore Kepulauan, Tamrin Fabanyo dalam laporannya menyampaikan Bimtek Penyusunan Renstra SKPD dilaksanakan selama dua hari terhitung tanggal 16 – 17 Mei 2016, diikuti seluruh SKPD termasuk kecamatan.
Setiap SKPD mengirimkan 2-4 peserta yang disesuaikan dengan beban tugas masing- masing SKPD dengan total peserta sebanyak 200 orang.
Pemateri pada Bimtek tersebut adalah Drs Ismail Bama dan Drs. Suripto dari Dirjen Bangda Kementerian Dalam Negeri dan Andi Erwin, M.Si dan Akhmad Syaifudin, STP dari Kementerian Perencanaan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. (antara)
Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan