Masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya Terima Layanan Kesehatan

AMBON – Ribuan warga masyarakat pulau-pulau terluar di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku, menerima layanan kesehatan dari TNI melalui misi bakti sosial KRI dr Soeharso yang merupakan rumah sakit terapung.

“TNI telah melakukan misi baksos berupa pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pulau-pulau terluar, seperti Lakor, Moa, Leti, Kisar dan lainnya,” kata Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Arh M Hasyim Lalhakim, di Ambon, Sabtu.
Ia mengatakan misi bakti sosial TNI berupa pelayanan kesehatan di sejumlah pulau terluar Kabupaten MBD itu telah berlangsung selama empat hari pada 6-9 Februari 2016.
“Antusias masyarakat terhadap kegiatan tersebut cukup tinggi dan hal itu terlihat dengan mendatangi pos pelayanan kesehatan yang telah disediakan,” kata M Hasyim.
Kegiatan bakti sosial kesehatan TNI di wilayah Kabupaten MBD, katanya, pertama dimulai di Kecamatan Pulau Lakor pada 6 Februari 2016 yang dilakukan mulai dari jam 09.00 sampai pukul 16.00 WIT.
Kegiatan tersebut, lanjutnya dibuka oleh Dansatgas Kapuskes TNI Mayjen TNI dr Beni Yura Rimban, yang dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Pulau Lakor, dengan jumlah pasien sebanyak 748 orang.
Selanjutnya, kegiatan pelayanan di Pulau Moa pada 7 Februari 2016, dimulai jam 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIT.
Kegiatan tersebut dibuka Waaster Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, juga selaku Wadansatgas Kesehatan TNI, dengan jumlah pasien sebanyak 1.303 orang.
Berikutnya, kegiatan pada 8 Februari 2016 yang berlangsung di Pulau Leti mulai jam 09.00 sampai dengan pukul 21.00 WIT.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Gatot Riswanto dengan jumlah pasien sebanyak 1.343 orang.
Selanjutnya, pada 9 Februari 2016, kegiatan pelayanan kesehatan di Kecamatan Pulau Kisar dimulai jam 09.00 sampai dengan pukul 15.00 WIT.
Kegiatan tersebut juga dibuka oleh Brigjen TNI (Mar) Gatot Riswanto yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten MBD, Drs Cao Petrus, dengan jumlah pasien sebanyak 1.041 orang.
“Kegiatan pelayanan kesehatan ini akan terus berjalan sampai ke Papua,” kata M Hasyim.
Disinggung keterlibatan prajurit Kodam XVI/Pattimura dalam misi tersebut, Kodam XVI/Pattimura sangat mendukung kegiatan itu dengan melibatkan aparat TNI yang bertugas di pulau-pulau terluar tersebut.
“Aparat TNI yang bertugas di pulau-pulau terluar ikut membantu bersama para petugas kesehatan KRI dr Soeharso,” ujarnya. (Antara)
Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan