Kodam 152 Selenggarakan Latihan Posko 1 Simulasi Bencana Gunung Berapi

TERNATE – Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan serta melatih para petugas yang berada di unsur Staf dalam rangka membangun Posko Penanggulangan bencana alam, Komando Resor Militer (Korem) 152/Babullah menyelenggarakan Latihan Posko 1 tingkat yang diselenggarakan di Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate pada Kamis (1/9).

Latihan yang diselenggarakan oleh Rindam XVI/Pattimura tersebut dan Korem 152/Babullah selaku pelaku latihan yang dibuka secara resmi oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Bambang Taufik serta Para Asisten dan Kabalak jajaran Korem 152/Babullah.

“Latihan sendiri akan berlangsung selama 2 hari melakikan simulasi terjadinya bencana erupsi Gunung Berapi Gamala sehingga atas surat permintaan Gubernur Maluku Utara kepada Pangdam XVI/Pattimura untuk permintaan bantuan unsur TNI dalam penanggulangan bencana,” ujar Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Anang Setyoadi, SE.

Pangdam XVI/Pattimura menunjuk Danrem 152/Babullah sebagai Insiden Comander (IC) /Komandan Kesiapsiagaan yang mengkoordinir segala potensi baik dari Instansi Pemerintah seperti Polri, BNPB, Basarnas, BMVBG, PMI dan unsur lainnya dan menetapkan situasi tanggap darurat bencana selama 12 hari.

Dalam latihan tersebut juga disimulasikan berbagai  situasi timbul seperti adanya isu negatif yang menimbulkan kepanikan masyarakat serta adanya sebagian pihak yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mengambil  keuntungan oleh karenanya perlu adanya tidakan tepat dan proporsional untuk segera menetralisir setiap gejolak yang timbul dan proses penanggulangan bencana dapat berlangsung secara lancar.

Latihan Latihan Posko 1 Korem ini merupakan bagian dari Siklus latihan rutin yang masih merupakan rangkaian dari latihan Penanggulangan Bencana Alam, namun untuk Latihan  Posko 1 ini merupakan latihan bagi unsur staf dan Pimpinan dalam melakukan tindakan prosedur hubungan Komandan dan staf dalam rangka penanggulangan bencana alam. (pendam)

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan