Kementrian Agama MTB Laksanakan Kegiatan Penyusunan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) Tahun Anggaran 2016

SAUMLAKI – Siaran pers bagian Humas Kantor Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang diterima Dhara Pos pekan kemarin, menyebutkan jika instansi tersebut pada hari Kamis, (19/3) melaksanakan Kegiatan Penyusunan Rencana  Kinerja Tahunan  (RKT) Tahun Anggaran 2016, bertempat di Aula Kantor Kemenag MTB.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Kemenag, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Penyuluh Agama Non PNS, serta para pegawai dan peserta dari sekolah-sekolah dibawah binaan Kantor Kemenag MTB.

Ketua Panitia penyelenggara, Matheos Mes Lewier, S.Th dalam laporannya mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Kementerian Agama RI  Nomor 7 tahun 2010 yaitu Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, cerdas, Mandiri dan Sejahtera Lahir dan Batin, maka diperlukan sebuah perencanaan yang baik.

Oleh Karena itu, Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag MTB melaksanakan kegiatan penyusunan RKT Tahun 2016 sebagai bagian dalam mewujudkan pembangunan Agama dan keagamaan yang telah dirumuskan dalam Renstra ke-3 Tahun 2015-2019 Kantor Kemenag MTB.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag, Drs. Benediktus Fenyapwain pada saat membuka kegiatan tersebut,  menghimbau kepada para peserta yang hadir  untuk momentum tersebut digunakan dengan baik sehingga  program dan rencana kegiatan/kinerja tahunan yang di bahas dapat berhasil dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi riil.

Penyusunan RKT dimaksud, menurutnya, perlu mencakup sasaran stratregis, sasaran program, sasaran kegiatan utama, dan  indikator kinerja

Usai acara Pembukaan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Kantor Kemenag MTB, sebelum tahapan penyusunan RKT tersebut dilaksanakan.

Dalam paparan materinya, Fenyapwain menjelaskan bahwa RKT merupakan penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam Renstra, dan akan dilaksanakan oleh satuan organisasi/kerja melalui berbagai kegiatan tahunan.

Penyusunan RKT dilakukan seiring dengan agenda penyusunan program dan kebijakan anggaran oleh pimpinan satuan organisasi/ kerja yang akan dicapai pada tahun berjalan meliputi sasaran stratregis, sasaran program, sasaran kegiatan utama, indikator kinerja sasaran/ indikator kinerja utama (IKU), dan target yang ingin dicapai dalam tahun yang bersangkutan, dengan melakukan penetapan sasaran, penyusunan indikator sasaran, dan menetapkan target.

Penetapan sasaran RKT yang dimaksud pada rencana kinerja tersebut adalah sasaran yang dimuat dalam dokumen Renstra. Selanjutnya entifikasi/dipilih/ditetapkan sasaran mana yang akan diwujudkan pada tahun yang bersangkutan beserta indikator kinerja sasaran dan rencana tingkat capaiannya (targetnya).

Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan penyususnan RKT tahun 2016 oleh para Kepala seksi/gara dan dilanjutkan dengan presentasi Program Kinerja Tahunan (PKT) tahun 2016 masing-masing Kasi/gara.

Hasil penyusunan program kerja tahunan atau RKT tersebut, kemudian diserahkan kepada Sub Bagian Tata usaha untuk direkap dan dijadikan sebagai Dokumen Rencana Kerja Tahunan Tahun 2016 Kankemenag Kab. MTB untuk nantinya dikirim ke Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku untuk diproses dalam RKAKL tahun 2016. [Dharapos]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan