Kabupaten Kei Besar Pantas Diperjuangkan

TUAL – Ketua DPC KAI Tual, Maluku Tenggara, Lopianus. Y Ngabalin, SH menyatakan apresiasinya dan salut atas perjuangan yang dilakukan tim Pansus Jalan Lingkar Pulau Kei Besar terkait pembangunan infrastruktur di pulau tersebut hingga mendapat  restu dari Pemerintah Pusat.

Apresiasi tersebut disampaikan salah satu  tokoh muda kota Tual tersebut saat ditemui Dhara Pos, pekan kemarin.

Meski demikian, diakui Ngabalin, apabila dinilai secara politis maka seharusnya yang di perjuangkan bersama itu adalah pemekaran Kei besar menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Dulu yang sama-sama jadi kecamatan dengan Kei Besar yaitu Dobo, dan Saumlaki kini sudah menjadi ibukota kabupaten maka otomatis pembangunan infrastruktur jalan maupun lainnya itu langsung terwujud lewat APBN yaitu DAU dan DAK,” nilainya.

Ngabalin yang menjadi salah satu tokoh penting dalam perjuangan pemekaran Kota Tual, mencontohkan pemekaran Kabupaten Kepulauan Aru yang tidak pernah berjuang untuk infrastruktur yang layak di Aru.

“Yang mereka perjuangkan adalah pemekaran Aru dan ketika Aru mekar jadi kabupaten maka pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan otomatis langsung terwujud sebagai mana Aru sekarang,” paparnya

Untuk itu, Ngabalin turut mendorong perjuangan pemekaran pulau Kei Besar menjadi DOB demi meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Kei Besar.

“Sekaligus juga untuk mendongkrak perjuangan pemekaran Provinsi Maluku Tenggara Raya,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Ngabalin yang juga seorang Advokat turut menyampaikan apresiasinya kepada DPRD Kabupaten Malra  yang mana telah menunjukkan kesungguhannya demi memperhatikan kepentingan masyarakat Pulau Kei Besar yang masih tertinggal hingga saat ini.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada 25 anggota DPRD yang mana  telah membentuk Pansus Pemekaran, demi kesejahteraan rakyat,” cetusnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, yang turut serta bahu- membahu dengan kelembagaan DPRD sebagai wakil rakyat untuk mendukung pemekaran Pulau Kei Besar sebagai DOB. [Dharapos]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan