Jelang Pilkada 15 Februari, Polres Maluku Tenggara Barat Ganti Personel

KALWEDO, SAUMLAKI – Kepolisian Resort (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB) kembali melakukan pergantian personel yang bertugas melakukan pengamanan melekat terhadap para calon bupati maupun wakil bupati setempat yang mengikuti Pilkada pada 15 Februari 2017.

Kapolres MTB, AKBP. Mukhamad Safeei, di Saumlaki, Senin (16/1), mengatakan, langkah pergantian sejumlah personel yang sebelumnya telah bertugas itu bagian dari upaya menciptakan pelayanan pengamanan yang baik kepada masing – masing pasangan calon kepala daerah dan tim pemenang.

Selain itu, menciptakan sistem interaksi dinamis antara masing – masing tim pemenang dengan pihak Polres, khususnya dalam hal pelaksanaan kampanye di tiap-tiap zona sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU MTB.

“Anggota kita yang melaksanakan pengamanan melekat di masing-masing sekretariat tim sukses itu terdiri dari pengawal atau pendamping dari calon Bupati maupun Wakil Bupati, petugas penghubung (Liason officer – LO) g,” kata Kapolres.

Pergantian dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari kegiatan kampanye, di mana ada beberapa yang harus dibenahi.

“Hasil evaluasi menunjukkan masih terjadi kekurangan dalam hal koordinasi dan komunikasi. Dengan adanya pergantian personel diharapkan hubungan Polisi dan para calon Bupati dan Wakil Bupati serta para tim pemenang bisa lebih sinergis, sehingga pelayanan pengamanan saat kampanye dapat berjalan baik sesuai mekanisme yang berlaku,” katanya.

Menurut dia, personel yang dinilai menghadapi kendala akan dilakukan pembinaan. Bila menjadi lebih baik akan ditugaskan kembali.

” Tetapi kalau yang baru lebih baik dari yang lama tidak ada salahnya juga dipertahankan. Kita tidak mempunyai maksud lain selain memberikan pelayanan pengamanan yang baik kepada masing – masing pasangan calon,” kata Kapolres.

Ia berharap kebijakan penempatan ulang tenaga pengamanan bisa dimaklumi, karena hal tersebut dilakukan semata untuk kebaikan dari masing – masing pasangan calon dan tim pemenangan.

Kapolres menambahkan, situasi Kamtibmas di wilayah kerjanya selama pelaksanaan operasi Mantap Praja Siwalima untuk Pilkada MTB hingga kini masih kondusif.

Pilkada MTB 2017 diikuti pasangan Petrus Fatlolon- Agustinus Utuwaly (FATWA), Petrus Paulus Werembinan-Jusuf Silety (Power Justice), dan Dharma Oratmangun-Markus Faraknimela (DOA). (malukupost.com)

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan