Jelang Hari Keagamaan, Disperindag Maluku Pantau Harga Sembako

AMBON – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku akan melakukan pemantauan harga kebutuhan masyarakat dua kali sehari menjelang hari-hari besar keagamaan.
“Kami menjadwalkan pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat di kota Ambon, baik menjelang hari raya Waisak, memasuki bulan puasa sampai menjelang lebaran nanti,” kata Kepala Disperindag Provinsi Maluku, Angky Papilaya, di Ambon, Senin.
Pemantauan sebanyak dua kali dalam satu hari itu, lanjutnya, guna memastikann harga yang ditawarkan para pedagang di pagi hari itu tetap sama dengan sore hari atau terjadi perubahan.
“Bila perlu para wartawan media cetak maupun electronik di daerah ini diajak untuk melihat kenyataan di lapangan untuk memantapkan pemberitaan,” katanya.
Selain itu Disperindag juga akan melakukan pengawasan terhadap barang-barang yang dipasarkan, hal ini dilakukan setiap tahun menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan.
Dia mengatakan, kegiatan ini penting, sebab jangan-jangan barang-barang yang sudah kadaluarsa masih tetap dijual, hal ini yang tidak bisa dibenarkan.
Menurutnya, kegiatan pemantauan harga maupun pengawasan terhadap barang-barang yang kadaluarsa sudah diinstruksikan kepada dinas kabupaten/kota guna melaksanakan hal yang sama.
“Disperindag juga akan melakukan pengontrolan ke gudang-gudang distributor guna memastikan stok yang ada, apakah cukup atau perlu ditambahkan menjelang hari-hari keagamaan,” ujarnya.
Dia mengemukakan, pasti dalam pelayanan pada 2016 Disperindag Provinsi Maluku akan melaksanakan pasar murah sebanyak empat kali menjelang hari-hari besar keagamaan di sampaing operasi pasar murah terkait gula pasir.
Sedangkan pasar murah yang dilaksanakan saat ini menjelang hari raya Waisak akan berlangsung pada 16 – 17 Mei 2016 di halaman parkir kantor Disperindag Maluku dengan menjual sejumlah barang kebutuhan pokok dengan harga yang murah atau mudah terjangkau. (antara)
Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan