Jaga Sumber Mata Air, Doni Monardo Apresiasi Masyarakat

AMBON – Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Doni Monardo memberikan apresiasi kepada masyarakat di Provinsi Maluku yang menjaga dan memelihara sumber mata air dengan menanam pohon.
“Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, sehingga sumber mata air perlu dijaga dan dilindungi dengan menanam pohon di sekitarnya agar tidak kekeringan,” kata Pangdam Doni pada penanaman sejumlah pohon umur panjang di sumber mata air Dusun Kampung Baru, petuanan Negeri/Desa Hitumesing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pulau Ambon, Jumat.
Penanaman sejumlah pohon tersebut merupakan kegiatan kerja sama Kodam XVI/Pattimura dengan Balai Wilayah Sungai Maluku.
Menurut Pangdam, penanaman pohon dalam suasana bulan Suci Ramadhan merupakan spirit untuk melestarikan alam lingkungan.
“Debit air 20 meter kubik/menit yang berasal dari sumber mata air ini sangat luar biasa, bisa memberikan kehidupan bagi umat manusia. Karena itu sumber mata air ini perlu di jaga agar masyarakat bisa menikmatinya,” katanya.
Ia menyatakan pihaknya sungguh-sungguh memperhatikan masalah air, sehingga dalam tiap kesempatan selalu mengimbau masyarakat untuk menjaga memelihara sumber mata air.
“Marilah kita lindungi mata air di seluruh tanah air agar kelak tidak berurai air mata. Dalam tubuh manusia, hewan dan tumbuhan, 90 persennya menyimpan air,” katanya.
Otak manusia, lanjutnya, juga lebih dari 90 persen menyimpan air, sehingga air memiliki nilai yang sangat strategis.
Pangdam Doni menambahkan, air pada masa mendatang akan menjadi barang yang diperrebutkan dan bisa menimbulkan peperangan di antara sesama manusia.
Apalagi, banyak negara di dunia memiliki iklim yang tidak menyediakan cukup air bagi warganya terutama di kawasan Afrika. (antara)
Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan