Gubernur Said Assagaff Nilai Bank Maluku dalam Kondisi Sehat

AMBON – PT Bank Maluku, perusahaan perbankan yang merupakan salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) provinsi tersebut, saat ini dalam kondisi sehat, kata Gubernur Maluku Said Assagaff.

“Setiap bulan saya pantau terus perkembangannya, termasuk penerimaan laba perusahaan yang bervariatif sehingga kondisinya sehat dan aman, meski ada persoalan transaksi ‘reverse repo’ surat berharga di perusahaan PT AAA Sekuritas yang menimpa PT BM,” katanya di Ambon, Jumat.

Pada posisi Januari 2015 misalnya, katanya, laba yang didapatkan PT BM mencapai 30 miliar, sedangkan keuntungan pada Februari di kisaran Rp20 miliar lebih.

Ia mengharapkan masyarakat tidak merasa khawatir dengan kondisi bank milik Pemprov Maluku itu.

Kalau menyangkut persoalan transaksi repo, katanya, pemprov telah membuat laporan resmi ke Bareskrim Mabes Polri dan membuat surat resmi untuk meminta Polri melakukan pencekalan terhadap para pihak yang diduga terlibat dalam kasus itu.

“Untuk masalah repo tetap diproses hukum dan sudah kami laporkan ke Bareskrim Mabes Polri sekaligus ada pencekalan dari tanggal 31 Desember 2014 lewat surat resmi ke polisi,” ujarnya.

Pemprov Maluku juga tidak mau membesar-besarkan masalah itu, sebab telah dikonsultasikan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami juga sudah menemui pimpinan OJK yang berkompeten untuk itu dan mereka sudah mengirim pres rilis untuk semua koran-koran di Jakarta bahwa Bank Maluku dalam posisi aman,” katanya.

Pemprov Maluku juga berkonsultasi dengan tim kuasa hukum untuk menyelesaikan kasus tersebut dan rencananya dalam waktu dekat PT AAA Sekuritas akan mengembalikan sebagian dana milik PT BM yang diambil mereka. [Antara]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan