Duta Besar Vatikan akan Hadiri Peringatan 100 Tahun Gereja Katolik di Tanimbar

AMBON – Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi, akan menghadiri peringatan 100 tahun berdirinya gereja Katolik di kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang akan berlangsung pada 18 Oktober 2011.

“Dubes Antonio Guido Filipazzi sudah memastikan kehadirannya pada syukuran peringatan 100 tahun berdirinya gereja Katholik di Tanimbar yang dipusatkan di Saumlaki,” kata Sekretaris Keuskupan Amboina, Pastor Agus Ulahayanan, di Ambon, Rabu (28/09/2011).

Menurut Pastor Agus, selain menghadiri peringatan di Tanimbar, Dubes Vatikan yang akan berkunjung ke Maluku 15-19 Oktober 2011, juga akan mengunjungi Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Katholik (STAPK) dan Seminari Tinggi Franciskus Xaverius.

“Dubes Antonio akan memimpin Misa Mulia untuk pemberkatan STPAK dan Seminari Tinggi Franciskus Xaverius sebagai salah satu pusat pengembangan pendidikan Katholik di Maluku,” katanya.

Sedangkan saat berkunjung ke Saumlaki, Dubes juga akan berkunjung dan bertemu dengan umat Katholik di desa Sifnana, Lauran dan Saumlaki, dan kemudian menggunakan kapal cepat menuju Larat untuk memimpin misa peringatan 100 tahun masuknya agama Katholik di kecamatan tersebut.

Dubes Vatikan juga akan mengunjungi monumen Kristus Raja di Saumlaki, memimpin misa Syukur Mulia 100 tahun masuknya Gereja Katholik dan menghadiri pembukaan (Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) provinsi Maluku.

Pastor Agus Ulahayanan menandaskan, berbagai persiapan terkait kunjungan Dubes Antonio Guido Filipazzi baik di Ambon maupun di kabupaten MTB hampir rampung, termasuk persiapan peringatan 100 tahun masuknya Gereja Katholik di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga Australia itu.

Ulahayanan menambahkan, Dubes juga menjadwalkan pertemuan silaturahmi dengan pemerintah provinsi Maluku maupun Kota Ambon, tetapi jadwalnya belum dipastikan.

“Kehadiran Dubes diharapkan menjadi motivasi bagi peningkatan imat umat Katholik di Maluku pada umumnya,” [Antara]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan