Beras Miskin untuk Maluku Barat Daya Sebesar 136.445 Ton

TIAKUR – Pagu beras miskin (raskin) di kabupaten Maluku Barat Daya untuk tahun ini masih sama dengan tahun 2013 dan 2014 lalu, yakni sebanyak 136.445 ton per bulan.

Namun, sejumlah kecamatan di Kabupaten berjuluk Kalwedo ini hingga saat ini belum melunasi tunggakan beras miskin untuk tahun 2014 lalu.

Hal ini di sampaikan Kepala Bulog Sub Drive Wilayah II Se Maluku Tenggara, La. Ancy S sos,  kepada Dhara Pos  saat  ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

“Hampir semua kecamatan di Kabupaten MBD masih memiliki tunggakan raskin tahun 2014,” ungkapnya.

Dirincikan, kecamatan-kecamatan tersebut masing-masing Leti, tunggakan raskin 2014 sebesar Rp 7.620.000,- Kecamatan Mdona Hyera  Rp. 113.328.000,- Kecamatan Wetang, Rp 41.745.000,-  kecamatan Damer Rp. 37.887.000,- dan kecamatan Wetang Timur, Rp. 30.960.000,-

Terkait tunggakan raskin tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten MBD, Drs. R. R.  Far Far, ketika di konfirmasi Dhara Pos Biro MBD di ruang kerjanya (3/4)  mengungkapkan untuk tunggakan raskin kecamatan-kecamatan di MBD dalam waktu dekat ini akan dilunasi.

“Dan saya juga akan segera  menyikapi hal ini dengan cara menyurat ke kecamatan-kecamatan yang masih ada tunggakan raskinnya agar segera menyetor tunggakan-tunggakan raskin untuk 2014 lalu,” kata dia.

Dijelaskan Far Far, terjadi tunggakan tersebut bukan karena unsur sengaja tapi karena di Kabupaten MBD khususnya kecamatan-kecamatan belum ada Bank dan juga akses transportasi dari desa ke kecamatan juga sulit.

“Ditambah lagi kondisi laut di MBD  beberapa waktu lalu  juga sangat tidak bersahabat karena ada beberapa desa MBD kalau datang ke kecamatan harus menyeberang laut,” jelas dia.

Atas kondisi ini, Far-far berharap kepada pihak Bulog  Se Maluku Tenggara agar bisa memahami kondisi wilayah-wilayah yang ada di kecamatan yang ada di Kabupaten MBD ini.  [Dharapos]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan