Batnev Soukotta dan Widura Saptenno jadi Duta Mahasiswa GenRe Maluku

AMBON –  Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku telah melaksanakan Pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) tingkat Promal tahun 2016 Kamis (7/4), dan para Juri berhasil menetapkan para pemenang melalui proses dan mekanisme yang ketat.

Mereka yang keluar sebagai pemenang masing-masing Juara 1 Putra, Batnev Theodore Roosevelt Soukotta, Juara 2. Rudi Rahakbau, Juara 3. Martin Mailissa, Juara Favorit Ikram Syah Maulana. Juara 1 Putri, Tantri Widura Saptenno, Juara 2. Asti Siswanyi, Juara 3. Monika Hukom dan Juara Favorit Irma Mangar.

Juara 1 putra dan putri akan mewakili Provinsi Maluku pada Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tingkat Nasional tahun 2016.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS/PK) Perwaklan BKKBN Maluku Fredy Kastanya, SE. MM yang hadir saat itu kepada Tribun-Maluku.com mengatakan, sasaran BKKBN dengan program Generasi Berencana (GenRe) adalah untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja, sehingga remaja bisa mengikuti perencanaan secara matang, terutama pendidikan, bekerja, berkarya, kemudian menikah dengan baik sesuai dengan rencana reproduksi yang sehat.

Program GenRe selain menyoroti masalah HIV, AIDZ, Sex Bebas dan Narkoba, namun fokusnya adalah para remaja dapat melihat perencanaan sebuah keluarga dengan baik.

Dikatakan, program GenRe disosialisasikan kepada remaja agar tidak kawin di usia muda, namun kawin pada usia yang sesuai dengan masa reproduksi yaitu untuk wanita 21 tahun dan untuk pria 25 tahun.

Di Maluku program Genre menunjukkan hasil yang signifikan karena sesuai hasil SDKI, Maluku rata-rata mencapai 21,4 dari target nasional 19. Sasarannya adalah penundaan usia kawin dapat berjalan dengan baik mengikuti siklus kesehatan reproduksi yang sehat.

Kastanya akui, keberhasilan penundaan usia kawin remaja di Maluku karena partisipasi semua staceholder, termasuk Pers di daerah ini.(tribunmaluku)

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan