Andre Werembinan Taborat Pimpin Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) MTB

SAUMLAKI – Sebagai agenda lima tahunan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab). Konfercab – IV PDI-P Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang dilaksanakan di Balai Pembinaan Umat, Senin(9/3) menghadirkan peserta dari seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI P yang tersebar di 10 kecamatan di MTB.

Konfercab bertujuan untuk menilai Laporan Pertanggung Jawaban DPC PDI-P MTB masa bhakti 2010-2015, menetapkan program kerja Partai di tingkat Kabupaten untuk 5 tahun ke depan serta memilih ketua dan pengurus DPC PDI-P MTB periode 2015-2020.

Ketua DPC PDI-P MTB periode 2010-2015, Petrus P. Werembinan,SH dalam sambutannya mengatakan momentum Konfercab-IV yang digelar tersebut bukanlah sekedar dilakukan guna memenuhi kalender 5 tahunan partai, dan juga memilih ketua dan struktur DPC serta PAC melainkan dalam perspektif perjuangan, momentum tersebut menandai adanya tekad bersama seluruh kader PDIP untuk menyalahkan kembali suluh perjuangan dan menyatukan diri dalam lengan-lengan perjuangan untuk membangun bangsa dan Negara tercinta.

”Saya tentu pesimistis, karena kerangka pikir kita hanya terletak pada hal hal yang pragmatis belaka. Kita mesti lakukan lompatan-lompatan pikir untuk menata proses-proses politik lokal yang akan datang,” ujarnya.

Wakil Bupati MTB ini juga mengatakan jika keberhasilan pembangunan di MTB hingga saat ini tidak terlepas dari kerja keras kader-kader partai dan para simpatisan partai moncong putih itu, yang telah berjuang menyelamatkan daerah ini dari ketertinggalan selama kurun waktu 8 tahun ini.

“Kebijakan-kebijakan pemerintah ini pada sisi lain dinilai tidak procedural oleh banyak pihak, namun pada aspek lain, sesungguhnya telah menyelamatkan negeri ini dari ketertinggalan baik infrastruktur maupun sumber daya manusia. Mari kita jujur untuk menilai asas manfaat dari semua kebijakan itu,” ungkapnya.

Dalam kerangka memposisikan PDI-P di MTB sebagai sebuah kekuatan politik yang patut dihitung eksistensinya, maka sebagai wujud dari komitmen kaderisasi partai, Poly Werembinan secara resmi memutuskan untuk memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi para kader PDI P di daerah julukan Duan-Lolat itu untuk bersaing mengekspresikan seluruh potensi mereka sebagai Pimpinan DPC PDI-P MTB, menggantikan tampuk kepemimpinan yang dia pegang semenjak tahun 2010 lalu.

”Tugas bersama kita adalah saling mendorong dan saling mengingatkan, bukan kita saling menganiyaya. Tugas bersama kita ialah menjadikan MTB sebagai sebuah entitas politik untuk kelak akan menuntun Provinsi Maluku,” imbuhnya.

Konfercab-IV semakin seru saat bermunculan 5 nama kader partai yang saling berebut simpati peserta dalam memperebutkan kursi pimpinan. Para kandidat tersebut antara lain: Drs. Andreas J. Werembinan Taborat, Simson Lobloby,S.Sos, Simon Johan Liur, Frengky Limber, dan Jidon Kelmanutu.

Meskipun demikian peserta akhirnya menerima kesepakatan 3 figur calon yang sebelumnya telah mendapat restu dari DPP PDI-P  melalui uji kompetensi untuk ditetapkan sebagai Ketua DPC PDI-P MTB periode 2015 – 2020.

Setelah melewati tahapan yang cukup alot, pimpinan sidang akhirnya mengumumkan Drs. Andreas J. Werembinan Taborat – Anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2009 – 2014 sebagai ketua terpilih periode 2015 – 2020.

Selain itu, dibacakan pula hasil pengisian struktur DPC dari hasil kerja tim formatur yakni Simson Lobloby ditetapkan sebagai Sekretaris dan Jidon Kelmanutu sebagai Bendahara DPC dalam kepengurusan hingga 2020 mendatang. [Dharapos]

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan