63 Atlet Maluku Siap Berlaga di PON XIX Jawa Barat

AMBON – Sedikitnya 63 atlet Maluku dari 14 cabang olah raga siap berlaga di PON XIX Jawa Barat, 17 – 29 September 2016.

Ketua tim PON Maluku XIX, Zeth Sahuburua, di Ambon, Selasa, melaporkan, 63 atlet itu terdiri dari dayung dan tinju masing – masing 12 orang, atletik (10), ski air (6), anggar (5), karate (4) dan kempo (3).

Sedangkan voli pantai, biliar, layar dan taekwondo masing – masing dua atlet, tenis meja, balap motor dan selam masing – masing satu atlet.

Zeth yang juga Wagub Maluku itu mengemukakan, 63 atlet yang didampingi 21 pelatih itu ditargetkan meraih delapan medali emas, 12 perak dan 16 perunggu.

“Kami berusaha keras agar bisa keluar dari 20 besar, menyusul prestasi PON XVIII di Riau pada 2012,” ujarnya.

Dia mengisyaratkan, delapan medali emas itu ditargetkan disumbangkan dari cabang olahraga tinju, atletik, dayung dan karate.

“Kami tidak bermaksud menyepelekan prestasi para atlet dari cabang olahraga lain, tetapi itu sesuai hasil evaluasi prestasi pada dua tahun terakhir ini,” kata Zeth.

Gubernur Maluku, Said Assagaff menantang para atlet untuk mengukir prestasi terbaik yang pastinya mengharumkan nama baik pribadi maupun daerah ini.

“Kami menghargai prestasi yang diraih pada atlet dengan memberikan bonus Rp150 juta bagi peraih medali emas, Rp100 juta untuk medali perak dan perunggu kebagian Rp50 juta,” ujarnya.

Gubernur memotivasi para atlet yang bukan merupakan cabang unggulan bila meraih medali emas diberikan bonus Rp200 juta, perak Rp150 juta dan perunggu Rp100 juta.

“Saya menginginkan para atlet dari cabang olah raga bukan diunggulkan untuk termotivasi lebih tinggi guna mengukir prestasi terbaik,” tandasnya.

Dia menjelaskan, pemerintah maupun masyarakat Maluku menjanjikan bonus ini agar bisa memenugi target peringkat lebih baik dari PON XVIII di Riau pada 2012 yang berada di urutan ke- 20.

“Jadi idialnya peringkat 15 atau 16 dan jangan 21 karena itu tidak sesuai target dan harapan pemerintah maupun masyarakat Maluku,” tegas Gubernur Said.

Prestasi Maluku di PON XVI/2004 Sumatera Selatan meraih tiga emas, dua perak dan lima perunggu, PON XVII/2008 Kalimantan Timur, meraih enam emas, dua perak dan 16 perunggu, serta PON XVIII/2012 di Riau meraih empat emas, 10 perak dan lima perunggu. (antara)

Untuk berita selengkapnya, silahkan membaca website kami

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan