-->

Kapolres Tanimbar dan Para Perwira Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpa Pemuda ke-94


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Mandriak Saumlaki, turut dihadiri Kepala Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar (Kapolres KepTan), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Umar Wijaya, S.I.K., bersama para Perwira, Jumat (28/10/2022) pagi tadi.

Kegiatan Upacara dilakukan dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”, dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati KepTan Daniel Edward Indey, S.Sos., M.Si., selaku Inspektur Upacara. Sedangakan Perwira Upacara dijabat oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Charles Utuwaly, S.T., M.T., dan Komandan Upacara, dijabat Sekretaris Inspektorat Daerah Agustinus Kona, S.STP., dengan susunana Pasukan Upacara yang terdiri dari, 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) Gabungan TNI, 1 SST Kompi 3 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Maluku, 1 SST Polres KepTan, 1 SST Satuan Polisi Pamong Praja, 4 SST Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemda Kabupaten KepTan, dan 1 SST Mahasiswa dan Mahasiswi serta Pelajar SMA dan SMK.

Dalam kegiatan Upacara, Pj. Bupati KepTan selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, yang menyatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilakukan merupakan perenungan terhadap sejarah masa lalu sebagai pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan penggerak Visi Bangsa.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan, dan inspirasi penggerak langkah menuju Visi Bangsa yang besar,” ungkap Indey membacakan sambutan Menpora.

Indey melanjutkan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita untuk bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori dan membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang dikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya, telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” ujar Indey dalam amanat Menpora.

Kegiatan Upacara dimaksud turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten KepTan, para Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemda Kabupaten KepTan, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMD/BUMN, Pimpinan dan Perwira TNI-Polri, perwakilan Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat, serta perwakilan Pimpinan OKP, LSM, dan Paguyuban. (indonesiatimur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel