-->

Pemkab Tanimbar Sambut Kehadiran Lanud Ignatius Dewanto Saumlaki


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH., MH, didampingi Sekretaris Daerah Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM., dan para pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar menghadiri Acara Tasyakuran dalam rangka Peresmian Pangkalan Udara (Lanud) Ignatius Dewanto Saumlaki pada Senin, 24 Januari 2022.

Turut hadir pada acara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pimpinan instansi vertikal, tokoh adat, tokoh agama, serta unsur Ormas lainnya.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan selamat dan sukses kepada jajaran TNI AU yang telah membangun fasilitas dan menempatkan pasukan di daerah ini.

Hal ini tentu memberi arti dan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah, dan perlu mendapat apresiasi mengingat langkah ini dinilai sangat strategis karena secara geografis kabupten ini berada pada gugusan pulau terluar karena berbatasan dengan negara Australia.

Sebagai daerah terluar Tanimbar justru sangat membutuhkan kehadiran TNI dan POLRI termasuk unsur TNI AU untuk ikut menjaga keutuhan NKRI. Tugas TNI tidak hanya sebatas melaksanakan fungsi pengamanan dan menjaga NKRI semata tetapi ikut mendorong pertumbuhan dan percepatan pembangunan di bidang ekonomi daerah.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Tanimbar bupati menyampaikan salam hormat kepada pimpinan TNI AU (mantan Kasau Jend. Hadi Tjahjanto Purn. TNI AU) yang telah memenuhi janjinya sejak 2017 silam untuk membangun fasilitas di Tanimbar sebagai bentuk komitmen TNI AU mengawal NKRI di perbatasan timur Indonesia.

Pada kesempatan itu bupati meminta dukungan semua pihak untuk turut mendukung program pemerintah unsur TNI dan POLRI, Dinas serta instansi vertikal bersama pemerintah daerah Kepulauan Tanimbar, mendukung suksesnya iven keagamaan provinsi Maluku yakni pelaksanaan MTQ ke- 29 yang akan dipusatkan di kota Saumlaki yang melibatkan 11 kabupaten dan kota di Maluku pada bulan maret 2022 mendatang.

Mengakhiri sambutannya bupati menghimbau kepada semua pihak agar tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat baik di setiap rutinitas kerja kantoran maupun dalam aktivitas laninnya selama masa pandemi, guna memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang masih berpotensi mengancam keselamatan jiwa manusia,.

Sementara itu Komandan Pangkalan Udara Ignatius Dewanto, Letkol Pas. Yohanis Moses Paulus dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, Forkopimda, serta seluruh masyarakat Tanimbar yang telah menerima kehadiran Lanud di Tanimbar.  Danlanud atas nama jajarannya meminta dukungan semua pihak sehingga tugas tugas pengawalan dan pengamanan NKRI bersama unsur TNI AD  AL dan dibantu POLRI bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Paling tidak kehadiran kami Lanud IG Dewanto ini bukan sekedar kami ada, tetapi lebih dari itu kami ada gunanya bagi masyarakat di Kepulauan Tanimbar khususnya, Maluku dan Indonesia pada umumnya.

Menurutnya, Lanud Saumlaki yang sedianya diresmikan langsung oleh Kasau, mengalami perubahan karena padatnya jadwal kegiatan Kasau sehingga baru diresmikan pada Tanggal 14 Januari 2022, dan secara internal baru dilaksanakan Tasyukuran pada hari ini. 

Ke depan jika lintasan Ran Wai Bandara Mathilda Batlayeri sudah layak untuk pendaratan pesawat type Hercules milik TNI AU maka komitmen untuk memudahkan suplay kebutuhan logistik  masyarakat yang selama ini terhambat karena semuanya selalu menggunakan kapal laut dapat dipercepat melalui pesawat udara milik TNI AU.

Diakhir sambutannya Letkol. Yohanis M. Paulus yang asli berdarah Maluku Barat Daya Tanimbar itu menyampaikan salam hormat dari Kepala Staf TNI AU, kepada Bupati, Forkopimda, serta seluruh masyarakat di Kepulauan Tanimbar atas kerjasama serta dukungannya sehingga pembangunan Lanud IG Dewanto dapat diselesaikan dan telah diresmikan pada bulan Januari 2022. (HumasTanimbar)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel