-->

Puncak Perayaan Sail Darwin- Saumlaki Yacht Race 2018 Meriah

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Puncak perayaan Lomba Perahu Layar dari Darwin atau Darwin-Saumlaki Yacht Race 2018 yang diselenggarakan oleh Darwin Sailing Club sebagai klub berlayar asal Kota Darwin, Wilayah Teritori Utara, Australia menuju Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku yang diikuti oleh 7 perahu berlangsung meriah, pada Kamis (5/7).

Acara diawali dengan penyambutan para wisatawan oleh tua-tua adat Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) sebagai tanda penerimaan secara adat yang artinya bahwa masyarakat Tanimbar telah menerima dan menyambut peserta lomba tersebut.

Sambutan Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Piterson Rangkoratat, SH mengatakan sebagai Negara Maritim tidak perlu diragukan bahwa potensi terbesar Indonesia adalah pesona kecantikan dan pesona alam lautnya yang luar biasa serta potensi yang menjanjikan sebagai lumbung devisa negara terutama adalah dari sektor pariwisata.

“Atas nama Pemda MTB saya menyambut dengan gembira seluruh peserta lomba perahu layar di Kepulauan Tanimbar. Kalau kita lihat kabupaten MTB sebagai bagian dari negara kesatuan RI, yang terletak di bagian selatan provinsi maaluku.  Niko de Jonge dan Tos Van Dijk menyebutnya sebagai kepulauan yang terlupakan namun memiliki budaya dan potensi sumber daya alam yang sangat besar,” kata dia.

Bupati Fatlolon mengungkapkan Bumi Duan Lolat memang dianugrahi dengan banyak pantai yang cantik dan indah dengan keanekaragaman hayati serta budaya Duan Lolat yang sangat kental. Namun masih banyak permasalahan yang menghambat perkembangan pariwisata itu.

“Diantaranya minimnya pembangunan infrakstruktur menuju objek wisata, terbatasnya maskapai penerbangan, fasilitas perhotelan atau penginapan yang standar,” ujar dia.

Pengelolahan potensi pariwisata membutuhkan kerjasama lintas sektor, yaitu pihak pemerintah, swasta dan masyarakat sebagai pemegang hak untuk memperoleh akses terhadap bagian dari perairan pesisir yang sudah diberi ijin lokasi dan ijin pengelolahan.

“Artinya masyarakat sekitar atau masyarakat lokal juga memilik hak sekaligus tanggung jawab mengelolah kawasan pesisir termasuk pengelolahan kawasan wisata,” ungkapnya.

Sementara Commodore Darwin Sailing Club, Peter Lockett mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kepulauan Tanimbar yang sudah menyambut dan menerima pihaknya, sehingga kegiatan lomba layar bisa berjalan dengan baik dan berjanji kegiatan serupa akan dilangsungkan kembali di tahun berikutnya dengan meningkatkan jumlah perahu yang datang ke Saumlaki.

“Kami sudah beberapa kali ke sini (Saumlaki), untuk tahun ini sudah meningkat. Kamipun sepakat di tahun-tahun mendatang akan lebih ditingkatkan lagi perahu-perahu yang datang,” ucap dia.

Ia juga menyatakan bahwa Sail Darwin – Saumlaki tahun 2019 dipastikan akan dilaksanakan kembali. Sebab semua peserta menikmati layanan yang disajikan oleh Pemkab MTB berserta masyarakat Tanimbar.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba layar, dimana pemenang kategori perahu tercepat tiba di Saumlaki dengan kurang dari 2 x 48 jam atau 42 jam adalah perahu dengan nama Vitamin B, kategori perahu dengan ukuran dan bobotnya dimenangkan oleh perahu Vitamin B dan Avangi serta perahu dengan kategori penampilan terbaik jatuh kepada perahu Wallop.

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Anggota Dewan Perwakilan Raryat (DPR) Daerah, Para pejabat struktural di lingkungan Pemda MTB, Tokoh Adat Desa Olilit dan Toloh masyarakat serta para tamu undangan.

Acara dimeriahkan oleh berbagai atraksi tarian tradisional serta lomba-lomba yang bertujuan untuk mempromosikan budaya dan kebiasaan adat istiadat Tanimbar. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel