-->

Mohammad Nasir Harapkan TI jadi Perhatian Perguruan Tinggi di Maluku

Mohammad Nasir Harapkan TI jadi Perhatian Perguruan Tinggi di MalukuJAKARTA, LELEMUKU.COM – Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi (TI) pada era revolusi industri 4.0 harus menjadi perhatian bangsa Indonesia, terutama kalangan pendidikan tinggi terutama di Maluku. 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir melalui siaran pers yang diterima Lelemuku.com pada Kamis (08/03) dengan adanya penguasaan terhadap teknologi informasi, hal ini dapat menunjang segala aspek pelayanan pendidikan tinggi, sehingga peningkatan mutu perguruan tinggi Indonesia dapat tercapai.

“Indonesia tidak boleh skeptis terhadap kemajuan teknologi informasi. Ini harus menjadi perhatian kita semua untuk meningkatkan pelayanan dan kompetensi pembelajaran dengan berbasis teknologi informasi,” ungkap Menristekdikti pada pembukaan Rapat Kerja Pimpinan Yayasan Perguruan Tinggi swasta (PTS) dan Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara (Malut) di Millennium Hotel Sirih, Jakarta (06/03).

Menteri Nasir menekankan bahwa kualitas perguruan tinggi berbanding lurus dengan daya saing bangsa. Daya saing bangsa dapat meningkat pula seiring dengan meningkatnya kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

“Tingginya daya saing bangsa pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Apabila Indonesia ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi namun daya saing tidak ada, maka ini akan menjadi masalah,” ucap Menteri Nasir.

Dalam kesempatan tersebut, Menristekdikti juga menyinggung masalah ketenagakerjaan di Indonesia. Ia mengatakan bahwa Indonesia harus memiliki semangat kompetisi berskala nasional atau national competitiveness, seperti memiliki keterampilan bersertifikasi serta inovatif. Hal ini agar tenaga kerja di Indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri dan tenaga kerja Indonesia di luar negeri dapat bertahan.

“Masalah tenaga dari kerja luar negeri dan tenaga kerja kita di luar negeri, harus diperhatikan bersama sama,” tegasnya.

Oleh karena itu, demi meghadapi era digitalisasi Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti akan terus memberikan pendampingan kepada perguruan tinggi, melalui berbagai kebijakan, antara lain membebaskan nomenklatur prodi untuk mendukung pengembangan kompetensi di industri 4.0, membangun pola mengajar atau teaching factory industry 4.0, melaksanakan kuliah online yang dilakukan untuk meningkatkan kapasistas dan kualitas pendidikan tinggi secara fleksibel, lintas ruang dan waktu, serta bekerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri untuk membuka prodi yang mendukung dan sesuai zaman.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Kopertis Wilayah XII Muhammad Bugis juga mengatakan bahwa digitalisasi merupakan spirit utama dalam segala aspek pelayaan pendidikan tinggi saat ini.

“Saat ini digitalisasi sudah menjadi spirit utama dalam pelayanan perguruan tinggi, dalam berbagai aspek,” tuturnya.

Ia pun berharap agar pembina PTS dapat berkomitmen utuh dan bersatu menciptakan perguruan tinggi yang berkualitas, berdaya saing dan inovatif demi menghadapi era digitalisasi yang terjadi saat ini.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo dan jajaran eselon II Kemenristekdikti, serta tamu undangan lain. (HumasKemenristekdikti)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel