-->

Korem 151 Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Masohi

MASOHI, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya  menggelar Latihan Penanggulangan  Bencana Alam (Latgulbencal) di lapangan Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi, Kamis (14/12).

Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan Latihan  dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri 731/Kabaresi Mayor Inf Indra Hirawanto selaku Irup yang diikuti oleh Personel Kodim 1502/Masohi dan Batalyon 731/Kabaresi.

Danyon Kabaresi saat membacakan amanat Danrem 151/Binaiya mengatakan, Latihan ini dapat menjadi modal dasar bagi unsur atau komponen yang terkait dengan Satgas Penanggulangan Bencana Alam (PBA) sesuai dengan tuntutan tugasnya dalam menanggulangi dan mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul sewaktu-waktu di wilayah Maluku Tengah.

Ia juga mengatakan, setiap unsur ataukomponen Satgas PBA memiliki peranan yang sangat penting dan strategis, sehingaga setiap individu  harus mampu melaksanakan tugasnya dengan profesional dan proporsional, sungguh-sungguh dan ikhlas, dan tidak  bersikap apatis, agar tidak terjadi adanya keterlambatan dalam penanganan setiap adanya bencana alam yang terjadi di daerah, karena setiap bencana alam harus dapat ditangani secara cepat, tepat dan tuntas, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar, baik kerugian harta benda maupun kerugian nyawa manusia.

“Dengan adanya latihan ini, peserta latihan dapat meningkatkan pemahaman, wawasan dan lebih mengerti taktik dan teknik serta mekanisme penanggulangan bencana alam dan dapat mengaplikasikannya di lapangan dalam rangka tugas penanggulangan bencana alam secara menyeluruh, karena para peserta akan dibekali beberapa materi pengetahuan danketerampilan tentang penanganan bencana alam, sehingga para peserta latihan memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknis yang cukup dan memadai,”katanya.

Latihan tersebut diawali dengan pengenalan teori drill teknis dan taktis (drilnistis) di ruangan Aula Makodim 1502/Masohi yang disampaikan oleh Pasi Komsos Korem 151/Binaiya Mayor Inf La Muhamad tentang gambaran bencana di wilayah Maluku Tengah, kemudian dilanjutkan dengan praktek di lapangan tentang evakuasi korban oleh Pasi Ops Korem 151/Binaiya Mayor Inf Wahyu Yunus. (Penrem151).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel